Seperti Apa Karakter Pasar Pupuk di Indonesia

  https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSvf1ao4ZzYtkLM9znlLFg2rTLDyJObLLz4ng&s

Kebutuhan pupuk di Indonesia cukup besar sebagai salah satu negara agraris. Konon produksi PT Pupuk Indonesia mencapai 8,02 juta ton. Namun jika dilihat dari luasan areal pertanian di Indonesia belum seluruhnya segmen pasar dikuasai oleh perusahaan plat merah tersebut. Lalu seperti karakteristik pasar pupuk di Indonesia.

Tanaman Pangan, untuk tanaman pangan sebagian besar dikuasai oleh petani yang mana pupuknya sebagian besar mengandalkan pupuk subsidi. Untuk tanaman pangan umumnya menggunakan pupuk tunggal dan agak jarang menggunakan pupuk majemuk. Walaupun demikian tetap ada potensi penyediaan pupuk non subsidi untuk tanaman pangan disalurkan oleh pemerintah. Bagi yang ingin mengakses pasar ini sangat disarankan untuk bisa masuk ke ekatalog LKPP.

Tanaman perkebunan, ini adalah pasar yang masih sangat luas dan masih terdapat ruang untuk pemain baru untuk masuk. Dengan pemain utama adalah perkebunan dan pekebun kelapa sawit. Untuk tanaman perkebunan jenis pupuk yang diperlukan bisa berupa pupuk tunggal maupun majemuk. Menembus pasar korporasi Anda wajib memiliki cash flow yang kuat dan memiliki mutu yang jelas, karena mereka akan mensyaratkan untuk uji lapang dan laboratorium yang dilakukan pihak perusahaan. Demikian untuk pekebun, demplot dan info dari mulut ke mulut sangat penting.

Tanaman hortikultura, ini adalah pasar yang banyak menyentuh para hobis atau skala kecil. Ini para penanam buah, tanaman hias atau dalam skala yang agak besar adalah pekebun sayuran di green house. Para pekebun di segmen ini membutuhkan teknologi tepat guna. Selain menggunakan pupuk majemuk, tunggal mereka juga menggunakan pupuk cair untuk dapat diaplikasilan  dari daun. Untuk menjangkau segmen ini membutuhkan jaringan ke ritel. Pasalnya dengan skala kecil menengah mereka cenderung membeli dari toko tani atau marketplace.

Namun yang penting diperhatikan, bahwa pupuk Anda wajib memiliki izin edar, kualitas terjamin. Dengan strategi yang jelas Anda bisa memenangkan pasar domestik.

No comments:

Post a Comment